Mendeskripsikan
tentang multimedia
Multimedia (multi =
Banyak; media = medium/alat dan cara
untuk mengkomunikasikan informasi)
Multimedia adalah
penggunaan komputer untuk
menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat
bantu ([tool]) dan koneksi ([link]) sehingga pengguna dapat ber([navigasi]),
berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi.
Multimedia sering
digunakan dalam dunia hiburan.
Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia Game.
Multimedia
dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis.
Di dunia pendidikan,
multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara
sendiri-sendiri.
Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.
Perkembangan
teknologi Multimedia telah memberikan dampak yang banyak kepada bidang
industri, yaitu:
- Industri
komputer.
- Industri
telekomunikasi (telecommunication)
- Industri
penyiaran (broadcasing)
Komponen Multimedia
Ciri-ciri umum
Sistem Komputer Multimedia
Ciri ini akan
membedakan antara video dan televisi
yang juga mengandungi gabungan
teks, suara, animasi, musik dan klip video
Ciri-ciri umum
Sistem Komputer Multimedia
1. Mempunyai kemampuan untuk merubah Informasi dari analog seperti suara,
musik dan video ke bentuk digital dan sebaliknya.
2. Interaktif yaitu pengguna bisa berkomunikasi walaupun tidak secara
langsung. dengan data-data multimedia
Empat Sifat
Penting Produk Multimedia
1. Komputer, untuk melakukan koordinasi tentang apa yang dilihat dan
didengar oleh pemakai
2. Links, yang menghubungkan dengan informasi
3. Navigational tools, yang memungkinkan pemakai untuk menjelajahi
informasi yang ditampilkan
4. Cara, untuk berbagi, memproses, dan mengkomunikasikan informasi dan ide
pemakai
Keunggulan
multimedia :
1. Menarik perhatian karena manusia memiliki keterbatasan daya
ingat
2. Media alternatif dalam penyampaian pesan
diperkuat dengan teks, suara, gambar, video, dan animasi
3. Meningkatkan kualitas penyampaian informasi
4. Interaktif
Kelemahan
multimedia :
1. Design yang buruk menyebabkan kebingungan dan kebosanan pesan tidak tersampaikan dengan baik
2. Kendala bagi orang dengan kemampuan terbatas / cacat / disable
3. Tuntutan terhadap spesifikasi komputer yang memadai
Memahami etimologi multimedia
Faktor-faktor Produksi multimedia antara lain:
Media teks
Menggunakan teks sebagai media dalam content production
merupakan perkembangan manusia dari sejak pertama kali peradaban manusia yang
di mulai dengan bentuk symbol kemudian berkembang dengan bentuk teks.
Media audio
Teknologi canggih, filter suara, echo . selain dengan
menggunakan hardware saat ini banyak software untuk mengolah suara menjadi
file suara digital dalam berbagai format
Dua aspek krusial untuk mempersiapkan file audio digital :
- Menyeleraskan
kebutuhan kualitas suara dalam sumber daya RAM dan hardisk
- Menyetel
level recording yang sesuai untuk mendapatkan recording yang bersih
dan bagus
Media video
Video merupakan elemen multimedia yang dapat menggambarkan pesan yang ingin disampaikan melalui gambar, video digital merupakan bagian penting dari multimedia yang paling memikat dan merupakan piranti powerfull yang membuat pengguna computer lebih dekat ke dunia nyata.
Beberapa pertimbangan untuk membuat produksi Video digital :
ü Komputer dengan
koneksi fire Wire (IEEE 1394 atau iLink) dan kabel
ü Processor yang cepat
ü RAM yang besar
kapasitasnya
ü Kapasitas
hardisk harus besar
ü Tampilkan kedua kalinya untuk lebih memastikan perangkat
lunak editing.
ü Mixer audio
untuk mengatur output suara dari camcorder, Pem-bicara eksternal
ü Perangkat Lunak editing
non linier (NLE)
Media animasi.
Animasi
merupakan perubahan visual sepanjang waktu dan memberikan kekuatan besar
pada pryoyek multimedia.
Teknik Animasi antara lain :
1. Identifikasi
aktifitas yang akan ditampilkan, jika terlalu komplek dapat dibuat dengan
skrips tertulis dengan daftar aktifitas dan obyek yang diperlukan
2. Buatlah storyboard
untuk memvisualisasikan animasi
3. Pilih piranti animasi yang sesuai dengan pekerjaan
tersebut.
4. Kembangkan urutannya, meliputi penciptaan obyek, teksture
permukaan, menambah cahaya, bereksperimen dengan effek cahaya, memposisikan
kamera.
5. Melakukan
rendering khusus dan menambah effek suara
Media grafis/ citra.
Produk content media grafis/ citra
adalah identik dengan tampilan 2 dimensi bisa berbentuk gambar ataupun teks.
- Grafis
bersifat graf, bersifat huruf, dilambangkan dengan huruf.
- Bersifat
matematika, statistika, wujud titik-titik garis-garis atau bidang-bidang
yang secara visual dapat menjelaskan hubungan yang ingin disajikan.
Media interaktif
Bekembang pesatnya produksi CD
pembelajaran yang menyajikan proses pembelajaran secara mandiri sampai pada
evaluasi hasil pembelajaran, media ini
disebut juga dengan istilah e-learning selain dikemas dalam bentuk CD tetapi
dapat disajikan melalui media internet yaitu pada Web
Media efek khusus
Menampilkan suatu gambar untuk lebih hidup kadangkala dibutuhkan effek khusus sebagai back sound
sesuai dengan makna gambar yang ditampilkan. Demikaian halnya Gambar dan video.
Yang termasuk dalam kategori software
aplikasi pembuat effek khusus adalah :
ü Adobe
ü Show Biz DVD
ü WinDVD Creater
ü Element Premier
ü Pinnacle Studio
Plus
ü After Effect
ü Ulead Video
Studio
ü Nero Ultra
Edition
ü Power Directo
ü Easy Media
Creator
MENJELASKAN MULTIMEDIA COMUNICATION
Keterkaitan antara Multimedia Production dengan Multimedia Broadcasting/ Publishing.
MENJELASKAN MULTIMEDIA COMUNICATION
Multimedia Comunication (Komunikasi multimedia).
Komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan
pesan atau berita antara 2 orang atau lebih sehingga pesan tersebut dapat
difahami.
Multimedia merupakan kombinasi teks, seni, animasi,
gambar dengan dilengkapi audio video yang di komunikasikan /disampaikan baik
melalui computer atau peralatan manipulasi elektronik dan digital lain
(Vaughan, 2006).
Sarana media penyampaian komunikasi multimedia yaitu
dapat melalui :
1.
TV (Televisis).
2.
Radio.
3.
Film
4.
Cetak
5.
Musik
6.
Musik
7.
Game
8.
Entertaiment (hiburan)
9.
Tutorial
10. Information
Comunication Technologi (Internet)
Mengapa
multimedia penting :
1. Merupakan pemicu (triggers) pembaca memperoleh sesuatu yang ‘lebih’
dibandingkan topik yang dipelajari
2. Sangat efektif dalam penyampaian
informasi
v Orang retain
(mampu mengingat) dari 20% yang dilihat dan 30% yang didengar
v Orang mengingat
50% dari apa yang mereka dengar dan lihat
Pemanfaatan multimedia :
1. Pendidikan : tutorial, ensiklopedia (misaal : microsoft
encarta), instruksional)
2. Informasi : pariwisata, museum, galeri seni
3. Hiburan : games, seni, pertunjukan
4. Kedokteran : x-ray scanner
5. dll
PERANGKAT LUNAK MULTIMEDIA
Perangkat
lunak multimedia adalah komponen-komponen dalam data processing system, berupa
program-program untuk mengintrol bekerjanya system multimedia. Perangkat lunak
ini digologkan menjadi tiga bagian, yaitu bahasa pemrograman multimedia,
perangkat lunak system multimedia dan perangkat lunak aplikasi multimedia.
1.
Bahasa Pemrograman
Multimedia
Bahasa pemrograman multimedia adalah bahasa computer yang digunakan programmer untuk membuat aplikasi multimedia. Contohnya Assembly, C, C++, Power Builder, Delphi, SQL, Visual Basic, Flash Programmer dan Java.
Bahasa pemrograman multimedia adalah bahasa computer yang digunakan programmer untuk membuat aplikasi multimedia. Contohnya Assembly, C, C++, Power Builder, Delphi, SQL, Visual Basic, Flash Programmer dan Java.
2.
Perangkat Lunak Sistem
(System Software)
Perangkat ini terdiri dari system operasi (operating system) misalnya DOS (Disc Operating System), Windowa 95/98/ME, Windows XP, Windows Vista, UNIX, Linux dan Mac OS. Perangkat lunak lainnya adalah aplikasi utilitas (utility application) seperti aplikasi anti virus.
Perangkat ini terdiri dari system operasi (operating system) misalnya DOS (Disc Operating System), Windowa 95/98/ME, Windows XP, Windows Vista, UNIX, Linux dan Mac OS. Perangkat lunak lainnya adalah aplikasi utilitas (utility application) seperti aplikasi anti virus.
3.
Perangkat Lunak
Aplikasi Multimedia
Perangkat lunak aplikasi multimedia merupakan aplikasi-aplikasi yang dirancang oleh personal atau organisasi untuk user yang bergerak dalam bidang multimedia spesifik seperti grafik 2D, modeling, animasi, sound editing, video editing dan sebagainya.
Perangkat lunak aplikasi multimedia merupakan aplikasi-aplikasi yang dirancang oleh personal atau organisasi untuk user yang bergerak dalam bidang multimedia spesifik seperti grafik 2D, modeling, animasi, sound editing, video editing dan sebagainya.
Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia
A. Perangkat
Pengolah Teks
Aplikasi
yang banyak digunakan untuk pengolah teks misalnya : Microsoft word, word star
for windows, word perfect dan start writer. Sedangkan aplikasi pengolah teks
yang bersifat open sources seperti open office writer, KWiter dan Abi Word.
B. Perangkat
Lunak pengolah Animasi dan Grafik 2D
Aplikasi Pengolah
grafik 2D dibagi menjadi :
v Grafik 2D Vektor
misalnya corel draw, macromedia freehand, adobe illustrator, open draw dll.
v Grafik 2D
Raster, misalnya : Adobe Photoshop, Jast Paint shop pro, Gimp dll.
v Animasi, misalnya
: Macromedia Flash, Adobe Image Ready dll.
C. Perangkat
Lunak pengolah Animasi dan Modelling Grafik 3D
Contoh
aplikasi animasi dan modeling 3D, misalnya : 3D studio maks, blender, maya,
Softimage, Lighware dll.
D. Perangkat
Lunak Authoring Multimedia
E. Perangkat Lunak Aplikasi Berbasis Web
Contoh
aplikasi berbasis web, misalnya : macromedia dream weaver, Microsoft front
page, Joomla, Apache, macromedia flash, adobe photoshop dll.
F. Aplikasi
Pengolah Audio
Aplikasi Pengolah
audio, misalnya : Sound recorder, modplug tracker, audacity dll.
G. Aplikasi Pengolah Video
Contoh aplikasi ini,
misalnya : windows movie maker, Pinaccle, Adobe Premiere, Ulead Video Studio
dll
TAHAP-TAHAP PEMBUATAN PROYEK MULTIMEDIA
Perencanaan dan Pembiayaan
Sebelum melakukan pembuatan Proyek
kita harus melakukan perencanaan dan memprediksikan biaya yang akan di
keluarkan
Desain dan Produksi
Setelah melakukan Perencanaan dan menghitung pembiayaan, tahap
selanjutnya adalah mendesain produk, kemudian di lanjutkan ke tahap produksi
Pengujian
Ini adalah tahap terpenting karena dengan melakukan pengujian kita bisa
mengetahui kualitas produk yang di buat
Pengiriman
Setelah melakukan tahap pengujian, selanjutnya adalah pengiriman. Tahap
ini merupakan tahap akhir.
PERALATAN YANG DIGUNAKAN UNTUK PEMBUATAN PROYEK MULTIMEDIA
Perangkat Keras
Meliputi :
Komputer
Printer
Scanner,
dll
Kreatifitas
Ini adalah modal utama yang harus
dimiliki, karena tanpa kreatifitas produk akan monoton dan kurang peminatnya.
Organisasi
Di dalam sebuah proyek organisasi juga di butuhkan agar semuanya
terkodinir dengan rapih.
Contoh-contoh produk
Multimedia
Desain Cover
Desain Template











100 ppaaakkkk.......
BalasHapus80 pak ,BERANGKAT PRAKERIN PAAAKKKKKKK!!!!!!!!!
BalasHapusalhamdulilah dapat 90 pak
BalasHapusalhamdulilah 100 pak..
BalasHapus